Pagelaran Wayang Golek Dirgahayu Universitas Pendidikan Indonesia



1.    Judul cerita              : Jaka Tamilung (Cepot Rarabi)
2.    Nama Dalang           : Apep Hudaya
3.    Nama group             : Linggar Seni Giri Komara
4.    Sinden                       : Cucu Sulastri, Resti
5.    Lagu pembuka        : Kembang Gading
6.    Nama-nama tokoh/karakter dalam cerita
a)    Raja
b)    Patih Narendra
c)    Senopati                    : Adik patih Narendra
d)    Jaka Tamilung                      : Kakak Dewi Endang Laelasari yang mengadakan sayembara
e)    Dewi Endang Laelasari      : Perempuan cantik jelita, adik Jaka Tamilung
f)     Cepot                         : Laki-laki yang memenangkan sayembara
g)    Semar                        : Ayah cepot
h)   Adik cepot
i)     Istri Semar                
7.    Plot/alur cerita:
Dahulu kala di sebuah negeri, ada seornag raja yang ingin mengikuti sebuah sayembara. Sayembara itu diadakan oleh seorang laki-laki yang dikenal sangat kuat, bernama Jaka Tamilung. Jaka Tamilung memiliki seornag adik perempuan yang belum menikah. Oleh karena itu Jaka Tamilung mengadakan sayembara tersebut dengan bunyi nya berisi
“Siapapun yang dpaat mengalahkan Jaka Tamilung dan sebelumnya membayar biaya daftar sebesar 50 juta, maka ia dapat menikahi adik Jaka Tamilung, Dewi Endang Laelasari.”
            Mendengar isi sayembara tersebut, sang taja tertarik untuk mengikuti sayembara itu. Ia pun menyuruh patihnya, Patih Narendra, untuk mendaftarkan dirinya dalam sayembara tersebut. Patih Narendra mendaftarkan sang raja dan menyuruh pasukannya untuk mericuhkan suasana apabila nantinya sang raja kalah dalam pertarungan melawan Jaka Tamilung.
            Pertarungan sengit antara raja dan Jaka Tamilung terjadi. Jaka Tamilung snagatlah kuat dan tidak terkalahkan oleh sang raja dalam pertarungan tersebut. Disaat itu juga, datang seorang rakyat biasa bernama cepot yang ingin menikahi Dewi Endang Laelasari. Namun niat itu terhalang karena ia tidak memiliki uang. Cepot pun meminta uang pada ayahnya, Semar. Semar tidak memberikan uang pada cepot, namun dia memberikan dua buah jambulnya yang masing-masing dari jambul itu bernilai 50 juta. Adik cepot pun menyimpan jambul milik ayahnya itu.
            Cepot lalu datang mengikuti sayembara tersebut. Cepot bertarung dengan gagah berani dan berhasil mengalahkan Jaka Tamilung. Namun tiba-tiba ayah Jakan Tamilung merasuki tubuh Jaka Tamilung lagi sehingga mereka kembali bertarung dan Cepot kalah. Melihat hal itu, Semar pun merasuki tubuh Cepot untuk kembali bertarung dan membuahkan kemenangan. Akhrinya, Cepot pun menikahi Dewi Endang Laelasari.