Penerimaan Santri Baru 2023 Hidayatullah Kupang

Setelah proses pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Hidayatullah Kupang 2023, tibalah saatnya penerimaan dan penyambutan santri di asrama untuk tingkat MTs-MA yang putrinya berlokasi di Batakte pinggir jalan menuju pantai Tablolong, dan kampus putranya berada di dekat area puskesmas Batakte.
Setelah mengalami perubahan jadwal, kedatangan santri-santriwati baru pun dilaksanakan pada tanggal 27-30 Agustus. Penerimaan santri putra dan putri 2023 ini berlangsung selama 3 hari dengan pertimbangan jarak pesantren dan tempat tinggal santri yang berbeda-beda. Ada yang berasal dari luar pulau Timor sehingga harus menunggu jadwal kapal, ada juga yang berasal dari kabupaten di dekat perbatasan negara Timor Leste seperti Atamabua-Halilulik, sehingga datangnya menunggu jadwal mobil travel.


Alur penerimaan ini  melewati beberapa pos yaitu

  1. Pos Check in
  2. Pos administrasi & pembayaran
  3. Pos check kesehatan
  4. Pos check barang
  5. Pengantaran ke asrama



Pada Pos Check in, wali santri akan menyetorkan nama santri dan tanggal kedatangan sebagai konfirmasi bahwa santri dengan nama tersebut telah di datang dan masuk asrama. Di pos ini pula dicek beberapa kelengkapan administrasi seperti fotokopi ijazah/surat kelulusan, fotokopi akte kelahiran, fotokopi kartu keluarga, dll.

Pada Pos 2 Kasir (Administrasi dan pembayaran), wali santri mengurus segala macam pembayaran administrasi yang ingin dilakukan. Biasanya pembayaran awal ini terdiri dari uang registrasi (jika belum membayar pada pendaftaran awal), lalu pembayaran seragam, lasur, lemari, uang iuran bulanan pendidikan dan konsumsi bulan pertama santri berada di pondok, serta jika ingin melakulan pembayaran lainnya seperti uang pemeliharaan gedung.

Pada pos 3 Check kesehatan, santri diukur tinggi badan, berat badan, dicek kesehatan giginya serta ditanyakan segala macam sakit berat yang pernah dialami. untuk santri perempuan juga dicek apakah telah masuk pada masa haidh.

Pada pos 3 check barang, koper dan barang-barang santri diperiksa untuk menyesuaikan dengan buku panduan di mana telah ada arahan untuk membawa beberpaa barang speerti mukenah putih, kaos kaki, jilbab dengan ukuran yang disebutkan, ember, dll. Pos ini juga berfungsi untuk memulangkan barang-barang yang dilarang seperti pemanas air, mp3, dll. seperti yang sudah tertulis.

Setelah melewati pos-pos ini, santri kemudian dipersilahkan untuk menuju ke asrama dengan ustadzah atau dewan santri (semacam OSIS) mengantarkan ke kamar yang telah tertulis nama santri.

Demikian gambaran penerimaan santri di MTs-MA di Hidayatullah Kupang. untuk tes penerimaan sendiri, ada tes online yaitu mengerjakan soal, membaca alqur'an dan wawancara.

Dokumentasi kegiatan: