Mengikuti Pelatihan TALA BLK Komunitas Direktorat Bina Intala Kemnaker 2023

Bermula dari penawaran bantuan pendirian gedung BLK Komunitas di pondok pesantren kami, berlanjut dengan pembuatan proposal, pengiriman tenaga instruktur BLKK ke Bandung, akhirnya sebuah surat panggilan sampai kepada saya di siang itu; Surat Pemanggilan Mengikuti Pelatihan Tenaga Pelatih Balai Latihan Kerja Komunitas Pondok Pesantren Hidayatullah Kupang.
Bertempat di Leedon Hotel & Suites Surabaya; sebuah hotel baru bintang lima di pinggir kota Surabaya, pelatihan itu berlangsung padat sejak tanggal 06 s.d. 12 Oktober 2023. Terhitung pembukaan. penutupan serta pelaksanaan ujian asessment kompetensinya. Kegiatan ini dilaksankaan dibawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Ada rasa takut yang datang karena saya menduga bahwa kegiatan ini sepertinya sedikit diikuti oleh perempuan. Begitu saya tergabung dalam grup peserta, perasaan lega hadir karena menemukan satu dua nama perempuan di sana.

Kegiatan ini sangat berkesan, kami kira dari judul kegiatannya, kami akan dilatih menjadi tenaga pelatih untuk BLK kami nantinya. Namun ternyata tenaga pelatih yang dimaksud di sini berbeda jauh dengan bayangan kami. Kami semua peserta angkatan X,XI, dan XII ini akan dipersiapkan untuk menjadi tenaga pengurus BLK atau pengelola administrasi di BLK yang sedang dibangun. Antara kaget tapi pasrah, hampir setengah peserta dikelasku menghela napas keras-keras. Ternyata tidak sedikit dari mereka yang datang sebagai peserta pengganti dari nama tenaga pelatih yang awalnya dicantumkan. Aku sendiri cukup kaget karena kukira akan jadi salah satu pengajar nantinya, ah ternyata bergulat lagi dengan administrasi. Hehe.

Kebetulan batch kali ini kebanyakan terdiri dari teman-teman Indonesia daerah bagian Timur dan tengah sehingga logat yang paling banyak terdengar adalah logat Sulawesi dan NTT. Ya, noleh ke sana ketemu kaka deng bapa, noleh ke sini ketemu sudah mi, iya ji, belum pi. Sampai terbawa-bawa.

Hari pertama, terhitung sejak keberangkaatan di bandara, instruktur kami langsung menyuguhi kami dengan materi pertama. HAHA. Bayangkan, belum juga smapai kelas, berkenalan dan opening kegiatan, file materi sudah harus kami baca untuk pengetahuan awal di kelas nanti. Luar biasa! Sesuai dengan judul kegiatan yang lain dari ekspektasi kami, maka berikut ini beberapa materi yang kami terima: 

dan banyak materi selipan lainnya yang tidak tercatat karena bersumber dari pengalaman instruktur serta pertanyaan dari teman-teman peserta.

Ah, banyak sekali! Namun sejujurnya, dibalik kegiatan yang sangat padat dan menguras jam, saya sangat menginginkan kegiatan ini kembali diadakan. Karena jam 7 pagi sudah harus hadir di kelas dan hampir selama 5 hari bubar kelas pada jam 11 malam, dirasa terlalu singkat dan belum banyak yang bisa kami pahami dengan baik.


Anyway, terimakasih Kemnaker. Semoga BLK ini terus berkelanjutan!
Salam Kompeten!


Batakte, 01 November 2023.
ps: Saya akan menulis lebih lanjut di postingan yang lain tentang detail kegiatan.
Ini foto peserta di kelasku bersama instruktur pak Tangsi Tarigan