500 error - Mengatasi Tidak Bisa Akses blogger.com

500. Terjadi error
Terjadi error. Harap coba lagi nanti. Maaf, hanya itu yang kami tahu.

Waduh, sinyal internet kali yah

Reload ulang. Muncul lagi.

500. Terjadi error
tampilan 500 error

Loh, loh kenapa ini?
Sampai 5 kali mencoba, tampilan yang sama terus muncul di layar laptop saya setiap saya mereload bahkan mengetik ulang blogger.com.
Kenapa ini.. Padahal baru aja bikin draft baru yang akan segera diposting. Saya tinggal bentar karna browsing beberapa hal di tab lain dengan keadaan tab blogspot masih on. Balik-balik kok sudah gini?

Oke, coba lagi
Saya lupa berapa kali saya mencoba, periksa sambungan internet pun aman. Waduh, dalam keadaan seperti itu saya langsung terpikirkan beberapa macam cara dan ini dia beberapa langkah yang saya lakukan.

1. Login dengan Akun Google lain

Saya ganti ke tab baru dengan akun Google/Gmail yang berbeda. Lalu masuk ke link blogger.com lewat akun yang lain. Agak lama loadingnya karna memang kebetulan lagi mendung di luar. Dan.... bisa! Nah loh!
Saya kembali ke akun Google yang tadi error dan mengunjungi blogger.com sekali lagi. Pesan 500 error masih muncul.

2. Login lewat hp

Saya akhrnya ambil hp dan mencoba login di sana. Pesan yang sama masih muncul. Fix, berarti yang bermasalah akun google yang lagi error ini dengan si link blogger.com
Saya lalu browsing di internet tapi tidak menemukan jawaban pasti. Entah karena salah keyword atau bagaimana.

Baiklah mari coba cara paling sederhana, yaitu

3. Menghapus riwayat penelusuran

Jangan-jangan ada link yang kukunjungi yang bikin blogger di akun ini tidka mau terbuka. Maka saya pun mulai menghapus history browser dengan mode basic pada clear browsing data. Yaitu hanya menghapus 3 item: browsing history serta cached images and file dalam semua waktu.
Saya juga pergi ke browser gadget hp dan menghapus riwayat penulusuran di browser dengan akun tersebut dan semua sign in data.
Hasilnya, masih 500. Terjadi error

Baiklah kalau gitu kita coba ke HAPUS RIWAYAT PENELUSURAN MODE ADVANCED
Saya centang semua box yang ada kecuali download history, password and other sign in data, dan autofill form data. Cukup memakan waktu menunggu prosesnya selesai.
Dan, ALHAMDULILLAH....
Akun blogger yang tadi bermasalah langsung bisa lagi.

Begitulah langkah-langkah yang saya lakukan.
Semoga bermanfaat untuk pembaca semua!


Batakte, Januari 2024
Ummu I. S.