Kumpulan Kegiatan Pengembangan Diri Guru MTs-MA Hidayatullah Kupang

Guru sebagai bagian dari Tenaga Pendidik Profesional sepatutnya selalu merasa tidak puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Guru profesional hendaknya berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar pelayanan yang diberikan kepada peserta didiknya semakin berkualitas. Tugas guru yang profesional tidak hanya menunjukkan kinerja unggul dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik dan melatih peserta didik, tetapi juga terus berkembang secara profesional..

Konsekuensi dari mengajar sebagai suatu profesi adalah guru tidak cukup hanya memenuhi tugas mengajar, membimbing dan mendidik peserta didik, ia harus senantiasa mengembangkan profesinya. Pengembangan profesi guru hendaknya dilakukan secara terencana dan berkelanjutan melalui kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan (continuous professional development/PCB), yang merupakan salah satu kegiatan yang memfasilitasi pelatihan guru profesional.

Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan melalui dua kegiatan yaitu pelatihan fungsional dan kegiatan kelompok guru. Guru yang, selain berkesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mengajarnya, juga terlibat dalam pengembangan pribadi dan kegiatan pengembangan profesional berkelanjutan lainnya;

Tujuan dari kegiatan pengembangan diri ini adalah untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru, baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi managerial maupun kompetensi sosial yang penulis rasakan masih kurang.



Berikut adalah list kegiatan pengemabangan diri guru yang pernah dilakukan di MTs-MA Hidayatullah Batakte di tahun 2022 & 2023. Untuk membaca detail kegiatan, silahkan klik tulisannya.

  1. Pelatihan Guru Inspiratif

  2. Rapat Kerja Pendidikan MTs-MA Hidayatullah Batakte

  3. Bimbingan Teknis Kepengasuhan

  4. Guru Sang Inspirator Terbaik

  5. Upgrading Pendidikan (Budaya, Etos dan Komitmen Kerja)

  6. Seminar Nasional Pendidikan Islam

  7. BIMTEK & RAKER PENDIDIKAN 2023

  8. Pelatihan Da'i dan Guru Mengaji Metode Grand MBA Se-Provinsi NTT