Pengaruh Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia


Dalam kehidupan kita, kita mungkin sering mendengar beberapa istilah dalam bahasa Inggris. Perubahan bahasa ini dapat terjadi bukan hanya berupa pengembangan, perluasan, tetapi juga menyebabkan kemunduran seiring dengan perubahan dalam masyarakat.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang terkadang memberi dampak buruk. Karena dalam dunia modern saat ini, masyarakat Indonesia lebih senang dan merasa lebih terlihat pandai dengan menggunakan Bahasa Inggris. Ditambah lagi dengan timbul pandangan sosial ekonomi dan bisnis yang menyebabkan kita berpikir bahwa penggunaan Bahasa Inggris yang baik menjanjikan kedudukan  dna taraf social yang jauh lebih baik, menyebabkan Bahasa Indonesia semakin tersingkir kedudukannya sebagai bahasa budaya Indonesia.

Seiring dengan semakin pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang kebanyakan informasinya Ditulis dalam bahasa Inggris, dampak positifnya, penguasaan bahasa Inggris yang baik mampu meningkatkan pengetahuan seseorang, karena semakin banyak ia menguasai, maka ia semakin cepat menyerap informasi dalam bahasa Inggris. Juga menguntungkan bagi orang tersebut dalam beberapa kegiatan yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris. Dampak negatifnya ialah, masyarakat Indonesia mulai meremehkan bahasa Indonesia itu sendiri. Kita lupa bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan, sehingga lama-kelamaan rakyat Indonesia akan sulit mengucapkan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dengan melihat kondisi-kondisi tersebut, marilah kita semua mulai menggunakan Bahasa Indonesia kembali sebagai bahasa persatuan. Jangan pernah malu dengan bahasa kita.

Sekian artikel pendek ini saya buat dengan melihat dari keadaan social di lingkungan masyarakat Indonesia.