Reaksi Nano-nano #TebakanUIS Eps. 1

MaasyaaAllah.
Tanggal 24 Mei kemarin, seharian saya merasa sangat terhibur semenjak waktu Sahur hingga akhirnya saya saya mulai menulis postingan ini.
Bagaimana tidak? Postingan tebakan berhadiah kecil-kecilan yang sebelumnya sempat saya ragukan untuk dilakukan, hingga senior saya kaka ‘Petani Berdasi’ memberi komentar dengan ‘tamparan halus’. Akhirnya saya buatlah postingan itu. Ditambah lagi komentar beberapa temen yang langsung nodong mana pertanyaannya. ๐Ÿ˜
Sudah lama sebenarnya ingin membuat kuis iseng-iseng berhadiah semacam ini, tapi ya memang sekali lagi ragu-ragu yang bikin saya tidak jadi melaksanakannya.
Setelah publish, saya share ke orang-orang yang nodong dan ke beberapa grup di medsos saja. Iya. Saya menghindari untuk tidak berurusan dulu dalam masalah kuis berhadiah kecil ini dengan orang yang belum saya kenal baik, ehehhehe. Makanya link nya saya share ke orang-orang yang sudah saya kenal saja di kontak WA, LINE, atau at least saya berteman di Facebook dengan mereka.
Dan ternyata… banyak sekali respon berupa komentar yang datang. Dari yang bikin kesal, sedih sampe tertawa terbahak-bahak. :”
Yup! Kuis pendek berhadiah pulsa yang tidak banyak tapi cukuplah membuat orang bahagia ini bisa dilihat di #TebakanUIS Episode 1- Alor dan zaman prasejarah



Postingan #TebakanUIS yang isi kuisnya tentang benda peninggalan prasejarah kemarin itu, untuk episode pertama, jadi InsyaaAllah nanti-nanti akan di adakan lagi. Semoga๐Ÿ˜Š
Postingan itu sebenarnya sekaligus merupakan pengamatan kecil saya pada seberapa tau orang-orang dengan apa yang menjadi pertanyaan dalam kuis itu. Dimana nantinya, saya akan bikin pertanyaan kuis tersebut menjadi sebuah postingan.
Daaaaaaan...
๐ŸŽ‰TANTRANTATANTATAAAAAAN!!!!๐Ÿ‘๐ŸŽ‰
Selamat untuk temanku Fitria Sari yang jawabannya terpilih sebagai jawaban paling benar versi Ummu’s Pages dan  saudariku Kurnia H. Demang untuk jawaban paling benar kedua. Yeay!
InsyaaAllah mereka telah dipilih sesuai dengan ketentuan yang telah ditulis. Dan ini cuplikan pertanyaan serta jawabannya.

Pada (beberapa) buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tingkat SMP/MTs sederajat, ada bab yang mempelajari tentang benda benda peninggalan zaman pra-sejarah.    PERTANYAAN nya: Dalam bahasan bab tersebut, apa sebutan dalam buku itu atau NAMA dari sebuah benda yang terhitung sebagai benda langka namun masih banyak ditemukan di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur? Peninggalan dari ZAMAN prasejarah apakah benda itu? Seperti apa BENTUKnya? Dan apa KEGUNAAN/FUNGSI serta SEBUTAN masyarakat Alor hingga sekarang untuk benda tersebut?  
Fitria Sari: Nama bendanya di buku, Nekara. Peninggalan dari zaman perunggu. Bentuknyaada yang kayak dandang, ada juga yang kayak gendang, dan ada pegangan atau telinga, bisa di atas atau di tengah badan nekara. Kalau di Alor biasa disebut moko dan (dari dulu sampai sekarang) digunakan sebagai alat transaksi, alat musik pengiringan upacara adat, dan paling dikenal sebagai maskawin.
Namanya Nekara. Peninggalan dari zaman perunggu. Bentuknya seperti dandang atau bisa juga gendang. Digunakan sebagai alat transaksi (dulu), alat musik upacara adat, dan mas kawin (sampai sekarang) yang di Alor disebut dengan Moko.

NEKARA adalah salah satu benda peninggalan di zaman prasejarah ,dan benda tersebut beradab pada Zaman MEGALITIKUM,Nakara berbentuk seperti gendang perunggu yang memiliki Telinga pada pingang atau tengahnya,fungsi dari Nakara sendiri pada zaman prasejarah biasa di gunakan sebagai alat musik dan juga Maskawin pada zaman tersebut,dan pada Masyarakat Alor biasa di sebut dengan MOKO.

terimakasih๐Ÿ™๐Ÿ™ 
Kurnia H. D.

Dilihat dari jawaban mereka diatas, sudah tau kan kenapa Megalitikum saya garis bawahi? Yup! Megalitikum itu artinya zaman batu besar. Sedangkan Nekara merupakan peninggalan zaman logam, atau lebih tepatnya zaman perunggu. 
Oh iya. Ada cerita keteledoran saya di balik jawaban Fitria Sari ini, jadi di komentar sebelum Sari itu ada komentar dobel dari Afifahhuriyah, saya bermaksud mau hapus komentar itu malah hapus komentar Fitria Sari yang sudah bikin saya excited karna akhirnya setelah beberapa hari ada yang jawab benar dan lengkap sesuai rules gitu kan yah.... Hahaha. Akhirnya saya minta dia untuk komen ulang jawabannya. 
Wis.
Alhamdulillah kuisnya sudah berakhir dan saya senang sekali setelah penantian beberapa hari untuk sang penjawab yang benar semua. Terimakasih untuk semua yang berpartisipasi.
Tapi.... Saya cukup sedih untuk teman-teman yang ingin ikut memberi jawaban tapi karna tidak tau caranya jadi tidak jadi berpartisipasi. Tidak mungkin saya ubah dong ya bisa jawab lewat chat pribadi gitu. Karna aturannya sudah tertulis.๐Ÿ˜

Untuk "mengenang" keseruan saya menanggapi respon-respon pada #TebakanUIS – Episode 1, saya sertakan tangkapan layar untuk beberapa yang sangat membekas di bawah ini. Hehehehe.

Yang pertama ini screenshot perwakilan respon yang bikin saya kesel, dikira saya tipu-tipu. Dijelaskan juga dibercandain lagi dan saya makin kesel wkwkw...


Yang kedua ini untuk perwakilan yang bikin sedih itu. Kak, cara komennya gimana ya? Hem berasa ingin kujelaskan tapi jadi panjang kali lebar nanti. 

Juga teman-teman yang ingin berpartisipasi tapi.....
Ternyata pertanyaan-pertanyaannya berhubungan sama sejarah ya kak? Aku nyeraaaah. 
Uuuuu...



Boleh pakai Google. MaasyaaAllah. Nih orang yang jujur nih... atau polos ya?. Padahal onlen tapi dia masih dengan sopan nanya. Boleh pakai Google gak Mu? Macam murid lagi ujian openbook, terus nanya ke guru “Pak/Buk, boleh browsing jawaban di Google gak? Well, saya tak melarangnya.

Aku curang nih Mu. Pakai Google. Jadi gak usah kasih hadiahnya ke aku yaaa... 
Well. Saya tak melarangnya. So... Isookeh.. 


Boleh pakai Google Mu. Oh boleh banget, setidaknya kamu jadi membaca. hheee

Pertanyaannya susah? Ada sebenarnya di Google, tinggal kita mau ‘berusaha’ untuk membaca saja. Heheh.

Susah amat dah! Kalau gampang banget kayak kuis Luwak White Coffee, dll di TV, hadiah pulsanya saya kasih jadi 5.000 doang atuh… :”
Lagian susah juga relative ya. Mueheheheh


Dikira hadiah pulsa tipu-tipu ya? Ya ampun. Saya lupa kasih intro. Hahahahhaah

Wah. Pengen jawab tapi kayaknya udah pada jawab dan bener semua. Ya ampon yang resmi jawab sesuai peraturan loh cuma 5 orang. Dan sudah kukatakan bahwa kalau masih dibuka Berarti blom ada yang benar 100%


Dan jawaban-jawaban dari teman-teman yang menghibur waktu sahurku ini. Hahahahaaha.


Udah gitu aja dulu
Sekian dah buat postingan random akibat senang ini. Hehe~