Tips bantu ngurangin beban mahasiswa skripsi

Hai!
Mau tau caranya menghibur temen (dekat) ataupun jauh yang sedang fokus ngerjain skripsi?

Gampang banget sih…
Sebenarnya tergantung masing-masing orangnya gimana, tapi saya pengen sharing aja beberapa poin yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan beban di dada dan kepala mahasiswa yang lagi ngerjain skripsi.

Pertama: Jangan tanya kapan bimbingan

Yap. Jangan Tanya kapan bimbingan. Saya gak salah tulis kok.
Boleh lah sesekali mungkin ya nanya kapan bimbingan kalau memang dengar si mahasiwa pernah ngomong mau bimbingan beberapa hari lalu. Tapi kalau enggak, jangan pernah kamu tiba-tiba nanyain “udah bimbingan blom?” “bimbingannya sampe mana?” “kapan bimbingan lagi?” de el el…
Soalnya nanyain hal kayak gitu itu menambah keruwetan emosi yang ada dalam kepala si mahasiswa. Udahlah ruwet mikirin apa yang mau ditulis, mikir apa yang mau dibawa ketemu dosen, gimana nanti pas ketemu dosen, eh kita malah tambah ruwetin dengan nanyain pertanyaan lain.
Mungkin pembaca bakalan ngerasa, lah kalau gak ditanya kapan bimbingan ya si mahasiswanya gak ada motivasi buat ngerjain. Tentu saja ada, yaitu yang ada di poin selanjutnya…

Kedua: Kasih info waktu sidang

Dari yang saya amati dari diri saya dan teman-teman juga kakak-kakak serta adik-adik tingkat, dengan tau jadwal dan info siding bisa lebih memotivasi untuk mengerjakan skripsi dibandingkan dengan menanyakan “kapan bimbingan” yang lebih membuat kesal.


Ketiga: Ajakin nongki di perpus/tempat bacaan/sumber jurnal bagus


Hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan bahwa kita mendukung si mahasiswa dan ingin meringankan bebannya adalah ajakin ngerjain tugas dan baca-baca di perpus atau tempat dimana jurnal dan buku-buku bagus bisa diakses dengan mudah. Karena kadang sebenarnya yang dibutuhkan seorang mahasiswa yang lagi ngerjain skripsi adalah teman duduk yang sama-sama ngadep laptop atau teman yang bisa diajak duduk bareng di perpus.

Keempat: Motivasi liburan

Hal lain yang bikin semangat sekaligus juga hadiah self-healing setelah otak agak pusing menghadapi skripsi dan siding adalah dengan memberi semangat “Ayo segera diselesaikan skripsinya, biar bisa jalan-jalan ke gunung, ke pantai, atau ngelakuin hal-hal yang dia suka (, de el el.” Atau malah liburannya sambil ngerjain skripsi? Bisa tuh.
Ataupun kalau menunggu liburan terlalu lama, ajaklah jalan-jalan pagi, atau window shopping kalau cewek, dan ngopi Sebentar untuk sekedar melepas beban pikiran.
Selain motivasi liburan, kata-kata motivasi ringan juga perlu ketika dia curhat soal skripsinya, kayak “dah, lu pasti bisa kok:, atau “santay, pasti ntar juga terlewati” like it is always seems impossible until it is done, ye kan?

Kelima: Sesekali kasih hadiah kecil 

Kalau misal kamu emang orang yang deket banget sama si-yang-lagi-ngerjain-skripsi, sesekali kasih dia kejutan kecil ketika dia lagi ngerjain skripsi atau beres bimbingan dengan hadiah kecil berupa makanan kesukaan misal eskrim lima rebuan kek, thai tea, ato apalah sambil bilang “Nih, semoga bisa membantu mendatangkan ide untuk skripsi”. Iseng-iseng untuk bikin hati orang senang aja…

Keenam: Kasih dia waktu buat sendiri

Misalkan ya semua poin diatas sudah kamu lakukan, tapi dia masih aja belum terlihat ada kemajuan dalam ngerjain skripsinya dan malah mungkin gak nyentuh sama sekali dan tenggelam sama hal yang lain, yang perlu dilakukan ya kasih dia waktu buat sendiri, biarkan dia berpikir lalu kita berdo’a semoga ada hal kecil yang tiba-tiba menyuntikkan energi ingin segera lulus padanya.

Ya, itulah beberapa poin cara bikin orang yang lagi ngerjain skripsi merasa senang dari apa yang saya lihat di sekitar saya. Terakhir, kalau kata temenku, misakanl mau yang lebih berdedikasi pada si temen yang lagi ngerjain skripsi, kita bantu nyariin jurnal. Wah, mantap tuh!

Sekian! J