Mengatasi HOTSPOT DARI HP TIDAK TERBACA DI LAPTOP (WIFI not found)

JARINGAN WIFI TIDAK TERBACA DI LAPTOP
Beberapa hari lalu ketika ingin berselancar di internet melalui laptop, saya mengernyitkan dahi karena laptop saya susah sekali terhubung internet.
Bukan karena sinyal yang sedang terganggu, bukan. Awalnya sih saya mengira begitu, sampai saya bolak-balik cek baris jaringan di layar handphone (hp) saya. Tapi sinyal sedang baik-baik saja.
Memangnya kenapa?
Jadi... jaringan internet dari hotspot yang saya nyalakan di handphone saya tidak terbaca di laptop saya. Yang muncul hanya tulisan "No Wi-Fi networks found" yang artinya "Tidak ada jaringan wifi ditemukan"


Panik sekali saya. Duh, sudah kenapa laptop saya.
Masih mencoba berhusnudzhon. Saya matikan lagi hotspot di hp saya.  Dua menit berlalu, saya nyalakan kembali. Tapi tulisan tidak ada jaringan internet masih saja muncul di sana. Saya coba cek kuota internet saya, sms balasannya kuota internet di kartu saya masih lumayan melimpah.
Akhirnya saya mulai yakin bahwa yang bermasalah adalah laptop saya. Berikut akan saya ceritakan langkah-langkah yang saya lakukan sampai kemudian masalah di laptop saya terselesaikan

#1 Cek jaringan dan jumlah kuota internet

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, saya mengecek jaringan dan jumlah kuota internet.

#2 Mematikan dan menghidupkan Wi-Fi di laptop

Setelah yakin jaringan dan jumlah kuota bukanlah sumber masalah di sini... Saya matikan tombol pembaca jaringan wi-fi di pojok kanan bawah, lalu duduk berdoa. Berharap agar setelah dinyalakan, langsung terbaca hotspot dari hp saya.
Tapi ternyata, nihil. Tetap saja belum ada jaringan yang terbaca. Saya pun meninggalkan laptop saya. Membiarkan dia istrahat.

#3 Mengistirahatkan laptop

Setelah tidur 3 hari 3 malam, saya kembali mencoba menyalakan laptop dan menghidupkan lagi jaringan internetnya. Nama hotspot saya, masih juga belum terbaca.
Niat hati ingin menghidupkan mode pesawat, tapi kursor yang saya arahkan ternyata malah mengeklik tulisan "Network & Internet Settings". Muncul jendela baru bertuliskan "Status" di dekstop saya.


#4  Network & Internet Settings.

Oke statusnya tidak terhubung di internet. Tapi apa yang harus saya lakukan.
Maka saya mulai memutar otak, mencoba mengingat kembali pelajaran TIK zaman SMP dulu, mengingat dimana rasanya pernah ngesok-ngesok otak-otak ubah angkaport  di proxy, dsbg. Tapi sepertinya itu bukan masalahnya skrg, karena itu dulu saya pelajari saat pakai internet kabel. Mana windowsnya beda. Duh.
Saya lihat pada jendela, ada tulisan "mobile hotspot". Hati saya langsung girang.
Tapi itu hanya berlangsung sedetik karena yang muncul setelah tulisan tersebut saya klik, malah bikin saya makin panik. Saya baca baik-baik. 
"We can't set up mobile hotspot because your PC doesn't have an ethernet, wifi, or cellular connection"
Oh... yaiya toh. Kan memang belum tersambung internet.

Saya klik tulisan Wi-Fi. Ya. Wi-Fi nya menyala, tapi tetap tidak ada jaringan yang terbaca di sana meski hotspot hp saya masih saja menyala sejak tadi.

#5 Menghapus dan melupakan jaringan wi-fi yang pernah tersambung

Langkah kelima, karena saya juga sebenarnya hanya mencoba sana-sini. Saya klik tulisan "Manage known networks", lalu muncullah semua nama jaringan internet/wi-fi yang pernah disambungkan pada laptop saya.
Maka terbersit pemikiran, jangan sampai terlalu banyak nama wi-fi yang tersimpan jadi dia tidak bisa membaca lagi jaringan yang ada disekitarnya. Karena kebetulan, saya habis mengganti nama hotspot saya, dan laptop saya ini baru dipakai menyambung ke jaringan hotspot milik orang lain.
Saya hapus satu-persatu jaringan yang tersimpan. 
Klik nama jaringan, klik forget.


Tapi tetap saja, nama hotspot saya yang sedang menyala belum juga muncul di jaringan network yang tersedia saat ini.
Saya kembali ke tab status, dan mata saya langsung tertuju pada tulisan "Troubleshoot!".
Maka saya berharap, ini adalah jalan terakhir untuk memecahkan masalah ini

#6 Troubleshoot!



Jendela Network Adapter muncul setelah kotak "Troubleshoot" saya klik. Karena masalah yang saya hadapi adalah masalah jaringan wi-fi, saya klik Wi-fi. Kita tunggu karena akan muncul jendela kecil yang menunjukkan bahwa ia sedang mendeteksi problem yang terjadi.
Muncul jendela kecil di bawah ini. Bisa saja muncul jendela lain di dekstop teman-teman. Pada jendela yang muncul di dekstop saya, saya pilih "skip this step", lalu saya pilih lagi "Close the troubleshooter" setelah saya close, jendela yang sama dengan jendela nomor diatas masih muncul.

 
Tapi langsung tersenyum sumringah karena saat saya klik lagi bola jaringan wifi interet, nama hotspot saya sudah terbaca di sana.

Alhamdulillaaah. Akhirnyaaa. Saya langsung tidak sabar untuk segera membuat tulisan tentang proses nya dan memuatnya di blog! Yes, dapat post baru! Hehe.
Saya tidak tau apakah hanya langkah ke 6 yang membuat masalah ini berhasil atau karena saya juga melalui langkah ke 5 juga. Tetapi sepertinya keduanya slaing berhubungan.
Terimakasih :)