Kerennya kerja si Serotonin - Dopamin

Hei hei! Celotehan random lagi kali ini karena lagi bahagia dan tidak mau menunda-nunda nulis! Jadi meskipun isi postnya agak berantakan, saya hanya mau menulis apa yang ada di pikiran saya sekarang.
Kalian pernah dengar serotonin dan dopamin?
Mungkin pernah dengar, tapi belum tau itu apa. 
Jadi, serotonin dan dopamin ini adalah hormon yang ada dalam tubuh manusia dan kali ini saya lagi-lagi terpesona oleh Kehebatan Allah Sang Khaliq dalam menciptakan dan memberikan tugas serta fungsi untuk kedua hormon ini. 
Like, pantes aja hormon ini ada dan penting karena memang ternyata perannya besar banget untuk fisik bahkan kondisi psikologi manusia.

Ceritanya sudah berapa hari ini saya merasakan sakit kepala yang luar biasa. Minum obat, minum ramuan ini-itu, gosok minyak ini itu pun sakitnya tidak reda hingga tidurpun terganggu.

Tapi tiba-tiba disuatu sore, saya mendapatkan chat dari seorang kawan yang ternyata isi chatnya membuat hari saya senang bukan kepalang, dan hanya dalam hitungan semenit, rasa sakit kepala hilang. Sampai akhirnya saya bisa menuliskan kata-kata di notes hp saya itu.

Yang saya baca dari Halodoc, serotonin adalah hormon yang bertugas membawa pesan antar sel dalam otak, yang berperan penting dalam mempengaruhi suasana hati; bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik sehingga kita merasa bahagia, atau bahkan bikin suasana hati jadi buruk kalau kita kekurangan hormon serotonin ini.
Jadi intinya serotonin ini membantu mengatur mood seseorang.
Sedangkan dopamin adalah hormon pemicu rasa senang yang memberikan rasa puas. Hormon ini meningkat ketika seseorang berada dalam kondisi bahagia atau melakukan hal-hal yang dia suka. 

Nah, jadi cara kerjanya, ketika suasana hati kita sedang bahagia, dopamine meningkat dan bekerja sama dengan serotonin di otak untuk mengirimkan sinyal antar jaringan atau sel saraf di tubuh kita.
Dan, semua itu bisa bekerja secara baik kalau jumlah kadarnya tidak berlebihan dan tidak berkekurangan.

Selain mempengaruhi suasana hati, dua hormon ini juga banyak berperan dalam kesehatan fisik manusia seperti membantu kelancaran aliran darah, membantu tubuh lebih rileks, memberikan sinyal ke tubuh untuk meredakan rasa nyeri, dll.
Nah, melihat fungsi memberikan sinyal ke tubuh untuk meredakan rasa nyeri inilah yang sedang saya rasakan. Karena begitu rasa bahagia itu meningkat, rasa sakit kepala saya berangsur menghilang. Dan itu menurut saya amazing sekali. Setelah berhari-hari rehat di kasur, saya langsung semangat pergi ke kantor sorenya juga untuk menerima tamu. Makanya teman-teman pada heran, "Loh, bukannya lagi sakit ya berapa hari ini? Tadi pagi masih lemas sekali. Sudah sembuh kah?" Dan saya hanya bisa bilang "Alhamdulillaaah, sedang bersemangat sekali"


Udah, sekian celoteh sore ini😄



Ummu I. S.
Batakte, 20 Juli 2023