SOSOK PEMIMPIN


Pembicaraan tentang pemimpin selalu menjadi topic pembicaraan yang besar di setiap kalangan yang bersangkutan dengan pemimpin tersebut, baik itu orang-orang yang bekerja dengannya, ataupun orang-orang yang dipimpinnya. Seperti yang terjadi di Indonesia belum lama ini. Pemilihan sosok pemimpin yang pantas memimpin kita memang bukan suatu masalah yang sepele. Karena siapa yang kita pilih, dialah yang akan kita lihat, kita dengarkan dan kita patuhi.

Pemimpin dikenal sebagai sosok paling tinggi dalam suatu struktur. Ia berdiri sebagai orang yang punya kemampuan untuk meng-handle kepentingan banyak orang. Pemimpin juga dikenal dan diartikan sebagai pemimpin sebuah grup remaja, pemimpin kumpulan pengamen jalanan, pemimpin usaha kecil-kecilan, pemimpin suatu kota, pemimpin provinsi, pemimpin Negara, dan masih banyak pemimpin-pemimpin lainnya yang telah terpilih untuk memimpin sekelompok ataupun banyak orang. Tetapi apakah para pemimpin tersebut telah memenuhi kriteria sebagai seorang pemimpin?

Dalam agama Islam, semua panutan yang baik tertuju pada baginda Rasulullah Muhammad sallahu’alaihi wasallam. Seorang rasul dan pemimpin umat yang telah diakui sebagai orang terhebat dan nomor satu di dunia. Rasulullah dikenal sebagai sesosok pemimpin yang sederhana, dikenal, dipercaya, dan dekat dengan umatnya. Inilah tiga ciri pemimpin yang kita rindukan di zaman sekarang ini. Seorang pemimpin dengan hati lembut dan penuh kasih sayang namun tegas dan bijak serta membuat orang-orang merasa nyaman berada di sekitarnya.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dekat dan kenal dengan masyarakatnya. Dekat yang dimaksudkan di sini adalah bukan dengan mengumbar-umbar kedekatan dengan masyarakat saat masa-masa kampanye untuk menjadi calon atau menjadi seorang pemimpin, tetapi juga pemimpin yang dekat dengan umatnya, kaumnya, orang-orang yang dipimpinnya saat sebelum bahkan sesudah jadi pemimpin. Yang meluangkan waktu-waktu sibuknya untuk lebih mengenal fenomena yang terjadi pada kaumnya. Pemimpin yang tegas tetapi berhati lembut. Pemimpin yang adil dan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya, bukan kepentingan pribadi. Itulah ciri-ciri pemimpin yang dibutuhkan rakyat.