Ekstrakurikuler Ponpes Hidayatullah Kupang (MTs-MA)


Di Madrasah Aliyah Hidayatullah Batakte, ada tiga macam Ekstrakurikuler yang dijalankan, yaitu:

  • a.       Pramuka/Kepanduan
  • b.      Life Skill
  • c.       Program Unggulan Tahsin & Tahfidz


a) PBB/PRAMUKA /Kepanduan

Kegiatan Pramuka tingkat dasar ini dibina oleh ustadz Miftahfarid Jailani yang memiliki kemampuan serta pengalaman dalam dunia pramuka.

Pada santri putri, kegiatan pramuka lebih mengarah kepada kegiatan Kepanduan Hidayatullah yang mririp dengan ekstrakurikuler Pramuka.

Kegiatan bersama siswa putra berjalan rutin setiap hari Sabtu/Minggu, begitu juga siswa putri.



                                                                                                                                     

b). LIFE-SKILL

a)      Memasak

Kegiatan ekstra masak-memasak berjalan rutin pada siswa putri setiap hari dengan melibatkan santri di dapur asrama. Evaluasi dari kegiatan ini berbentuk lomba memasak dan menghias masakan.

 

b)     Bercocok tanam

Kegiatan bercocok tanam merupakan kegiatan tambahan yang dilakukan ketika menjelang musim penghujan, di mana santri akan memanfaatkan lahan ksosong yang ada untuk menamam ubi, pisang, tomat, dan sayur-mayur. (foto dok:terlampir)

 

                  

C) Program Keunggulan

Dalam program ini, santri memiliki beberapa kegiatan yang memiliki target dan menjadi syarat kenaikan kelas. Program ini merupakan program yang mendukung aktivitas diniyyah (pembelajaran agama santri), diantaranya yaitu: (foto dok: terlampir)

1)      Tahfidz Alqur’an

Pada program tahfidz Al-qur’an santri di jenjang khusus memiliki target menghafal 2 juz dalam 1 semester, sedangkan jenjang regular memiliki target 1 juz 1 semester

2)      Tahfidz hadits Arba’in

Program tahfidz Hadits Arba’in mengharuskan santri untuk menghafal 42 hadits beserta artinya selama 3 tahun.

3)      MBA (Tarjim Alqur’an)

MBA atau Mengajar Belajar Alqur’an adalah program yang memfokuskan pada terjemah Al-Qur’an perkata di mana santri menghafalkannya dengan target 1 juz yaitu juz 30.

4)      Vocabularies & Muhadatsah

Program Vocabularies/Muhadatsah mendukung kebahasaan santri untuk mempunyai kemapuan dalam berbahasa asing yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.