Ramadhan 1444 H PP Hidayatullah Kupang

Alhamdulillah akhirnya Ramadhan datang lagi. Masih sama dengan Ramadhan tahun lalu, Ramadhan kali ini pun  lebih banyak dihabiskan santri-santriwati Pondok Pesantren Hidayatullah Kupang di pondok, dibanding dengan liburan di rumah. Tahun lalu, satu bulan penuh selama Ramadhan di isi dengan dauroh Al-qur'an (baca di Perdana Dauroh Full Ramadhan). Tahun 2023 ini, Ramadhan di isi dengan Dauroh Alqur'an unutk santriwati an safari Ramadhan untuk santri putra. Beberapa kegiatan lain juga ikut mewarnai Ramadhan kali ini; persiapan akreditasi, Asesmen Madrasah tingkat Madarasah Aliyah, juga undangan-undangan dan kunjungan berbuka puasa dari luar maupun keluar.

Tebar kebaikan dengan dauroh

Untuk Ramadhan tahun ini, dauroh dilaksanakan lebih lambat yaitu dimulai pada hari ke 12 Ramadhan dikarenakan masih berlangsungnya jadwal KBM formal pada minggu pertama Ramadhan juga ujian Asesmen Madrasah untuk santri dan santriwati kelas 12. Dauroh juga hanya berlangsung selama 12 hari yaitu sejak tanggal 03 April 2023/12 Ramadhan 1444H sampai dengan 15 April 2023/24 Ramadhan 1444 H; yang mana lebih cepat dari waktu yang telah direncanakan yaitu 15 hari.

Kegiatan Dauroh ini merupakan agenda tahunan pondok pesantren yang wajib diikuti oleh seluruh santriwati MTs-MA Hidayatullah Kupang, bahkan 2 tahun belakang ini dilaksanakan di setiap akhir semester.  Dauroh Ramadhan 1444 H ini diadakan dengan tema “Ramadhan Berqur’an, Tebar Kebaikan” yang bertujuan untuk meningkatkan semangat santri untuk lebih dekat dengan Al-qur’an. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan kegiatan dan buka puasa bersama pada tanggal 03 April 2023 sekaligus pelepasan santri yang dikirim ke beberapa daerah di NTT untuk kegiatan Safari Ramadhan.

Selanjutnya, kegiatan dauroh dimulai setiap harinya sesuai jadwal yang telah diatur oleh panitia. Setiap harinya, kegiatan dibuka dengan sholat lail berjama’ah, lalu di Shubuh hari santri menyiapkan setoran. Pukul 08.00 – 11.00 adalah waktu menyetor bagi santri. Sebelum Dzuhur, santri disempatkan untuk melakukan qoilullah atau istrahat selama 20-30 menit sebelum waktu Dzuhur untuk meningkatkan produktivitas santri. Santri juga dipersilahkan menyetorkan hafalan setelah sholat Dzuhur.

Malam harinya setelah sholat tarawih dan witir, kegiatan dauroh diisi dengan tadarrus berjama’ah di mana beberapa halaqoh dibentuk dan setiap halaqoh menyelesaikan 1 juz pada malam itu. Alhamdulillah dalam waktu 12 hari, santri melaksanakan 2 kali khatam Alqur’an untuk kategori tadarrus berjama’ah.

Alhamdulillah, santriwati mengikuti kegiatan ini dengan tertib. Selama kegiatan, santriwati yang juga merupakan santri mukim di asrama Pondok Pesantren Hidayatullah Kupang, menginap di kelas-kelas untuk membentuk suasana yang baru selama kegiatan.










Dauroh selama 12 hari ini ditutup dengan ujian hafalan selama 2 hari. Ayat demi ayat yang telah dihafal santri diuji ulang lagi oleh para Juri undangan yakni ustadz Syaiful Bahri, ustadz Rusdiadin, ustadzah Rosuna yang merupakan slaah satu Qori’ah dari NTT dan beberapa ustadzah pendamping marhalah.

Kegiatan dauroh ditutup dengan agenda buka puasa bersama para Jama’ah warga Kampus Madya Hidayatullah Kupang, sekaligus diisi dengan pembacaan SK pengembalian alumni pengabdian kepada DPW Hidayatullah NTT. Puncak penutupan ini adalah parade hafalan santri, dimana sebanyak 11 santri diutus dari masing-masing marhalah untuk menampilkan hafalan surah dan hadits pilihan di panggung.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar atas izin Allah subhanahu wata’ala. Harapan dari para ustadz/ah, semoga para santriwati banyak mengambil manfaat dari kegiatan ini dan terus berikhtiar menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Tebar kebaikan dengan Safari Ramadhan

Kegiatan Safari Ramadhan juga merupakan kegiatan tahunan yang diadakan setiap Ramadhan. Di mana para santri dikirim ke berbagai daerah yang telah dikonfirmasi kerjasama untuk menghidupakn kegiatan Ramadhan di masjid-masjid tersebut.

Semenjak tahun 2000-an santri-santri bahkan dikirim hingga ke luar daratan timor; yaitu ke pulau Alor, Solor, Lembata, dll. Kegiatan Safari kemudian terhenti di tahun 2020 karena covid-19 dan vakum hingga baru terlaksana lagi tahun 2023. 

Dibawah koordinasi Departemen Sosial dan Dakwah Yayasan Amanah PPH Kupang, santri dikirim ke 3 tempat yaitu; desa Kiupukan-Kefamenanu, Halilulik-Atamabua, dan Soe.

Alhamdulillah Safari juga dilaksanakan selama 12 hari dan berjalan dengan lancar. Santri-santri di tempat maisng-masing disupport oleh takmir masjid juga beberapa orangtua wali santri yang tinggal di sekitar masjid. Semoga kegiatan inni bisa terlaksana lagi di tahun depannya.

Alhamdulillah Ramadhan ini, pondok kedatangan berbagai tamu dan donatur, juga diundang oleh beberapa donatur untuk berbuka puasa di tempatnya, dibawah ini beberapa dokumentasinya.

Akreditasi & Asesmen Madrasah Aliyah

Sementara Ramadhan berlangsung, persiapan akreditasi Madrasah Aliyah Hidayatullah Batakte juga dilakukan. Persiapan akreditasi ini sudah dimulai dari akhir bulan Februari yang dimulai dengan mengumpulkan file untuk di upload di laman Sispena. pembaruan yang dilakukan untuk persiapan akreditasi ini adalah perawatan taman baca di kampus putra.

Di minggu awal Ramadhan, santri kelas 12 melaksanakan Asesmen Madrasah yang biasa dikenal dengan ujian akhir madrasah selama tujuh hari.

Alhamdulillah di 17 April 2023, perizinan pulang dibuka. Satu persatu santri luar pulau daratan timor boleh melangkahkan kakinya ke kampung halaman sampai batas waktu yang ditentukan. Sementara santri yang berdomisili di daratan timor, baru boleh pulang setelah selesai sholat Idul Fitri. Hal ini bertujuan agar pondok tidak dalam keadaan kosong unutk pelaksanaan sholat tarawih, Idul Fitri, dan ketika ada tamu datang.



Dokumetasi: