Mading On The Spot - Fun Literasi MTs-MA Hidayatullah Kupang (Ponpes Batakte)

Literasi merupakan kemampuan di dalam membaca dan menulis. Pun demikian, pengertian literasi masih bisa kita kembangkan lebih jauh lagi, karena literasi yang hanya terdiri dari baca, tulis dan hitung sekarang tidak cukup, tetapi juga harus mencakup baca tulis seperti yang telah disebutkan sebelumnya, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi informasi dan komunikasi serta literasi budaya dan kewarganegaraan.

Pembina pesantren Hidayatullah Kupang secara terbuka dalam berbagai kesempatan ceramahnya menekankan budaya literasi sebagai perwujudan dan manifestasi perintah Allah untuk Iqra’ (membaca). Maka lingkungan yang dikembangkan di pesantren adalah lingkungan yang alamiyah, islamiyah dan ilmiyah. Budaya literasi sangat erat kaitannya dengan budaya ilmiyah.

a.         Jadwal Wajib Kunjung Perpustakaan - Program ini bisa diimplementasikan dengan cara menyusun jadwal sedemikian rupa sehingga setiap kelas bisa mengunjungi perpustakaan. Bukan hanya berkunjung saja, tetapi siswa diwajibkan pula untuk meminjam buku, menyusun resume dari beberapa lembar buku yang telah dibacanya kemudian wajibkan pula siswa untuk mengembalikan buku.

b.     Pemberdayaan Mading Setiap Kelas - Pemberdayaan mading di setiap kelas dilakukan dengan cara mewajibkan siswa untuk membaca bebas ataupun mencari referensi apapun di sekitar sekolah setidaknya selama 10 menit. Setelah itu, wajibkan siswa untuk membuat laporan, karangan ataupun resum dari apa yang dibacanya ataupun diamatinya, dan hasilnya tempelkan pada mading kelas. Sebagai langkah awal, program ini dilakukan setiap seminggu sekali.

c.    Membaca Buku Non Pelajaran Sebelum Proses Belajar Dimulai - Buku non pelajaran yang dimaksudkan di sini bisa berupa buku cerita, novel ataupun buku jenis lain yang lebih mengajarkan nilai budi pekerti, kearifan, nasionalisme dan lain-lain yang lebih disesuaikan pada tahap perkembangan siswa.

d.    Posterisasi Madrasahah - Membuat poster-poster yang berisi ajakan, motivasi maupun kata mutiara yang ditempel atau digantung di beberapa spot di kelas atau di sekolah.

e.     Mengadakan Lomba Karya Literasi Antar Kelas - Lomba Karya Literasi antar kelas menjadi salah satu program gerakan literasi sekolah yang menarik. Lombanya berupa lomba mading antar kelas, lomba poster antar kelas, lomba membuat pohon literasi antar kelas.

f.     Membaca dan membuat resume sebagai sanksi atas pelanggaran

Di bawah ini adalah kegiatan membuat Mading on the Spot untuk mengembangkan kreativitas spontan. Dilaksanakan pada 26 Juni 2023, dengan konsep santri diberikan tema lalu perkelas membuat mading sekreatif yang mereka bisa pada waktu yang diberikan (2 jam). 

Dalam proses pembuatannya, santri mendiskusikan bahan serta konsep mereka sendiri. Lalu dalam pelaksanaan pembuatannya, dibimbing oleh para ustadzah.