Pembiasaan Religi MA Hidayatullah Batakte

Madrasah Aliyah Swasta Hidayatullah Batakte yang berdiri di bawah naungan Yayasan Amanah Pondok Pesantren Hidayatullah Kupang mendukung program-program pembiasaan religius untuk membentuk akhlak islami dan rabbani dalam diri siswa.
Beberapa kegiatan pembiasaan religi tersebut adalah
  1. Sholat Dhuha
  2. Mecium tangan guru sebagai rasa hormat
  3. Tahsin Qur'an
  4. Perayaan hari besar agama Islam

Mencium tangan guru dilaksanakan tepat setelah selesai apel. Sedangkan Sholat Dhuha dan Tahsin Qur'an dilaksanakan setiap pagi setelahnya. Sholat Dhuha biasa dilaksanakan selama 15 menit dengan dipimpin oleh para guru atau siswa ditunjuk bergantina sebagai Imam.
Setelah Dhuha selesai, santri menghabiskan 15 menit selanjutnya untuk membaca Alqur'an atau membaca 1 halaman. Namun semenjak tahun ajaran 2022/2023, kebiasan ini dirubah dengan jadwal program keunggulan yang merupan muatan lokal tambahan yaitu Tahfidzul Qur'an atau mengahafal Alqur'an selama 1 jam.
Santri dibagi dalam kelompok halaqoh sesuia tingkatan hafalan dan di dalam kelompko tersebut mereka dibimbing oleh murobbi/ah nya masing-masing

Perayaan hari besar agama Islam dilaksanakan sesuai waktunya. Ketika Idul Fitri, santri yang berada di pondok melaksanakan sholat eid berjama'ah, lalu dilanjutkan dengan silaturahim bersama ke rumah-rumah gru, orang tua, simpatisna, serta donatur ponpes.
Pada perayaan Idul Adha, siswa dilibatkan dalam pemotongan dan pendistirbusian daging qurban.

Di bawah ini adalah dokumentasi-dokumentasinya.
 


IDUL QURBAN 2022