Dia Maha Baik |#RandomThought


Sedang mendengarkan curhatan seorang kawan ditelepon, lalu pikiran saya pesiar sebentar. Akhirnya, sambil mendengar dan menanggapi curhatannya, saya tulis ini. Sapa tau bisa jadi pengingat untuk saya suatu saat. 

---
Pernah nggak? ketika ditimpa masalah yang berasa berat banget, terus merasa sangat sial dan disitu dalam pikiran yang muncul adalah:
"Ya Tuhan, kenapa ini terjadi sama saya? Apa salah saya?"
"Kenapa Engkau tidak adil Tuhan?

Saya pribadi memang tidak pernah sampai berpikir bahwa Tuhan tega dan tidak adil. Tidak pernah. Karena saya selalu percaya tentang kalimat bahwa Tuhan tidak akan pernah memberikan beban melebihi kemampuan kita. 

Tapi pernah ada momen dimana karena suatu masalah, saya jadi melupakan semua kenikmatan yang ada. Mungkin karena masalah itu lebih besar dari biasanya.

Dan TAPI untuk sekali lagi, dan kali ini kapital semua.... 
Kalau dipikir-pikir. Hidup kita ini sebenarnya dipenuhi masalah, tapi Tuhan lebih sering menghindarkan kita dari masalah-masalah daripada membiarkan kita berlarut-larut dengan masalah itu.
Dibandingkan dengan satu masalah besar yang sedang ditimpakan pada kita sekarang, jika direnungkan, ternyata ada lebih banyak masalah yang dihindarkan oleh Tuhan dari kita setiap waktunya. Contohnya: Kamu masih baca postingan ini, berarti kamu dihindarkan dari masalah tidak punya kuota. Kamu sedang sehat saat ini, berarti kamu dihindarkan dari masalah sakit. Kamu masih bisa makan tadi, berarti kamu dihindarkan dari masalah kelaparan. Dan masih banyaak lagi.


Nah, baik banget kan Dia?

Dan juga, biasanya kalau kita ditimpa masalah, kita jadi sering menyebut Dia. Setidaknya ini seharusnya jadi sebuah kesempatan untuk curhat sama Dia. Ingat. Dia Maha Besar. Gak ada yang lebih besar dari Dia. Jadi sebesar apapun masalahmu itu, masih Lebih Besar lagi Tuhanmu.

Pak Hanan Attaki pernah bilang:
"Kalau kamu curhat ke Tuhan sambil bilang: 'Ya Tuhan, hamba sedang ditimpa masalah yang sangat besar' sebenarnya kamu sedang ngeledekin Tuhan disitu. Jadi sepatutnya sih bilang kalau 'Ya Tuhan, saya lagi punya masalah sedikit nih, utang saya 100 M.' Gitu........"

Mungkin terkesan lucu, tapi kalau dipikir-pikir, lah... Tuhan kan memang Maha Kaya. Jadi kalau mengeluh sama Dia ya itu jadi hal logis. Karena kita mengeluh pada yang Sang Maha Kuasa. Sama seperti kalau kita mau minta tolong ke temen, kita gak mungkin ngomong "Saya tau kamu gak bisa bantu, tapi saya mau minta bantuan nih..."

Sekali lagi, Dia Maha Baik, jadi jangan jauh-jauh dari Dia.