Bermain sambil belajar Bahasa Inggris [Cards of Jumbled Words]

Di tahun 2023, dengan kurikulum pendidikan di Indonesia yang berubah lagi, saya merasa kita sebagai guru harus terus memutar otak alias berpikir kreatif unutk menciptakan kelas yang interaktif dan interesting. Ya. Entah kurikulum KTSP, Kurikulum 2013 ataupun Merdeka Belajar, pada dasarnya semua kurikulum menginginkan pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi pelajar yang aktif dan semakin mudah belajar.

Sejujurnya, bagi saya yang baru 4 tahun menjadi guru, perubahan kurikulum tidak begitu terasa memberikan efek pada proses pembelajaran saya dan siswa yang ada di kelas saya. Selain karna letak sekolah kami di pedesaan, fasilitas serta minat & keteratrikan pada pembenahan kurikulum itu sendiri masih terasa rendah. Namun, Saya berusaha untuk terus menciptakan pembelajaran bahasaInggris yang selalu meninggalkan kesan menyenangkan. 
Ini selalu saya upayakan karena minat belajar siswa yang sangat kurang, serta motivasi belajar yang rendah. 

Beberapa teknik yang selalu saya coba adalah dengan bermain sambil belajar. Saya memilih ini tentu saja agar siswa  tidak merada bosan setelah di kelas lain yang mungkin kebanyakan memakai metode ceramah, ditambah lagi siswa yang masuk dalam kategori usia Young Learners menjadikan mereka sangat antusias dengan bermain.
Permainan yang saya pilih pun beragam, mulai dari lempar kertas, finding cards, finding sentences, puzzlewords, run and write, outdoor learning, dan lain sebagainya.

Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang permainan Jumled words yang saya bikin dari kertas-kertas kecil yang telah dipotong. Dari kata-kata yang ada dari semua kertas yang telah dibagikan perkelompok, mereka harus membentuk tiga sampai empat kalimat dalam bahasa inggris yang lengkap sesuai kaidah penyusunan kalimat.

Permainan cukup seru karena maisng-masing kelompok berlomba-lomba untuk lebih dahulu selesai, mereka juga jadi terlibat aktif semua karena tuntutan dalam setiap kelompok, beberapa siswa siap dengan kamu untuk  mencari arti dari kata yang tidak diketahui, ada yang mencoba menyusun, dll.

Selama permainan ini berlangsung, kita bisa melihat langsung bagaimana proses pikir siswa dalam membentuk suatu kalimat, atau bagaimana kecepatan siswa dalam mengartikan sebuah kata, bagaimana siswa membangun komunikasi dan kerjasama dalam kelompok, dan lain sebagainya. Selain ada banyak aspek yang bisa kita nilai, siswa juga jadi tidak bosan dan fisik mereka bergerak aktif, karena tentu saja ada tipe siswa yang tidak mau duduk diam dan muanya menyusun kalimat sambil berdiri.

Yang terakhir, di bawah ini dokumentasi dari kegiatan jumbled words kami. Ada 2 kelas beda tahun yang dokumentasinya masih saya simpan.

Ini, kelas 2023


Ini, kelas 2022