Finding Flashcards; Menambah kosa kata Bahasa Inggris sambil bermain

Hujan di luar terus mengguyur deras. 
"Suasana yang mengundang kantuk. Sepertinya banyak siswa yang sakit." Bantinku. Aku mengintip ke arah kelas yang akan jadi tujuan jadwal mengajarku selanjutnya. Jadwal sebelum kelas saya masih berlangsung.
"Tunggu, saya harus bikin kelas yang tidak bikin mereka mengantuk." Aku bergumam sendiri lalu mulai mencari kertas bekas di dekat mesin printer. Mulai lah saya memotong, menggunting dan mencorat-coret.
....
Benar saja. Begitu saya melangkahkan kaki masuk ke kelas, semua kepala sedang tergeletak di atas meja, terlelap di alam mimpi. Kebetulan karna saya terlambat 20 an menit masuk ke kelas, mereka mungkin menunggu hingga kantuk datang, ditambah langit yang gelap, suara hujan, dan udara yang dingin, maka hanya sebentar saja, mereka sudah menutup mata.
Saya bangunkan mereka dan meminta mereka untuk keluar kelas, membasuh muka dengan air hujan. 3 Orang siswa tidak masuk karena sakit. Di kelas yang jumlah siswanya sangat sedikit, satu santri saja yang sakit bisa membuat kelas jadi terasa sangat kosong.

Sambil berdehem-dehem mengecek tenggorokan karna kelas kami yang tidak kedap suara ini mengharuskan saya lebih membesarkan volume suara berpacu dengan suara hujan, saya mulai mengeluarkan kertas yang tadi membuat saya agak terlambat masuk kelas.
Ya, media pembelajaran kali ini saya siapkan saat sebelum lonceng pergantian jam berbunyi. Ini juga karena saya melihat sikon hujan agar saya tidak terlalu ekstra berteriak.


Memang apa medianya?
Medianya adalah flashcards.

Tapi jangan bayangkan flaschcards yang bagus dan menarik perhatian, dalam waktu yang tidak banyak itu, saya hanya sempat memotong 100 lebih kertas dan menuliskan berbagai macam vocabularies yang terdiri dari kosa kata tentang binatang, pekerjaan, benda-benda di kelas dan nama-nama bunga.


Ini dia flashcard sangat sederhana itu

Penggunaannya, seperti yang sudah saya tulis judul, yaitu games: FINDING VOCABULARIES
Materi kali ini adalah Things in Classroom, maka diantara 100 lebih flashcards itu, siswa harus menemukan flahcards yang hanya bertuliskan vocabularies of things in classroom.

Ahamdulillah para siswa sangat antusias, mereka juga diberi reward kecil-lecil berupa minuman dan snack untuk buka puasa karena kebetulan hari itu adalah hari Kamis di mana ada jadwal puasa Senin-Kamis.

Untuk lebih lengkap tentang panduan bermain bisa dilihat di bawah.
Cara bermain:
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Siswa berbaris lurus ke belakang per kelompok
3. Guru berada di 1 titik dengan meja yang telah disiapkan dan semua flashcards telah ditebar acak diatas meja.
3. Dengan dihitung dan diberikan waktu, siswa secara bergantian mengambil flashcards sebanyak yang mereka bisa. Siswa pertama dari seluruh barisan maju, selama 15 detim mencari, lalu bergantian dengan seluruh siswa di seluruh barisan kedua dari setiap kelompok dengan aba-aba guru agar serempak maju dan bergantian.
4. Meja kartu dan barisan siswa diletakkan agak berjauhan agar siswa bisa berlari-lari kecil supaya tidak mengantuk


Nah, dari permainan ini, kita bisa menilai berapa banyak kosa kata yang telah dipahami oleh siswa dengan melihat berpaa banyak kartu yang telah diambil. Guru bisa bersama-sama evaluasi bersama siswa jika ada kartu terpilih yang salah (bukan merupakan things in classroom).

Setelah evaluasi bersama, siswa bisa diminta membuat teks deskripstif sederhana dari kosakata yang dimiliki oleh masing-masing kelompok.

Semoga bermanfaat.

Btw, sudah pada paham tentang Merdeka Belajar, belum? Pembelajaran dalam postingan ini belum menggunakan kurikulum merdeka ya. Tapi saya rasa cukup merdeka dalam pelaksanaannya, hehe. Cheers!


Batakte, Februari 2023
Ummu I.Sholihah