Tega,Tegas, Kejam

23 Desember 2020

Yang namanya berurusan dengan banyak kepala, berarti berurusan juga dengan banyak hati.
Kita boleh saja dinilai tega, tapi kita harus tegas dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.
Tegas adalah sikap yang diambil setelah adanya pertimbangan dan ketentun disertai tujuan tertentu.

 Ini ya ini, itu ya itu. Jangan ini lalu itu. Nanti orang bingung! Lalu akhirnya tiap keputusan yang kita keluarkan akhirnya diremehkan.

tega BUKAN tegas sama sekali, tega adalah KEJAM, tegas adalalah usaha menggapai ketetepatan dengan TANGGAP. 

Tegas berhubungan erat dengan KEPUTUSAN. Tegas adalah suatu bentuk tindakan untuk SEGERA melakukan EKSEKUSI terhadap pertimbangan, dalam pertimbangan ada pemikiran. 

Dengan kata lan tegas adalah TINDAKAN SEGERA atas BUAH PEMIKIRAN. 

Tega adalah tindakan yang berimplikasi kepada tingkat NILAI PENGORBANAN. Tega adalah kekejaman.Tega demi KEBAIKAN bukanlah tega tetapi namanya DISIPLIN.
Latar belakang dan faktor apa saja yg membuatnya berbeda level?

Level NYALI dan VISI

>Sikap terbaik mana yg harus kita miliki sehubungan dengan ketegaan atau ketegasan?
Tega dan Tegas sama-sama kata sifat. Tega memang sering kali berkonotasi negatif dan tegas berkonotasi positif akan tetapi secara hakiki memang suatu tindakan yang didasari oleh rasa kerelaan.
Misal, Si bapak tega tidak memberikan materi pada anaknya.
si anak merasa bapaknya tega, tapi si bapak melakukan itu hanya untuk mendidik agar anaknya bisa mandiri. nah lho....
Tegas adalah sebuah prinsip atas nilai-nilai kebenaran pribadi secara umum (hanya punya 2 pilihan yang dianggap mutlak) benar atau salah, ya atau tidak dll sesuai kenyataan yang ada.

Tegas adalah sebuah prinsip atas nilai-nilai kebenaran pribadi secara umum (hanya punya 2 pilihan yang dianggap mutlak) benar atau salah, ya atau tidak dll sesuai kenyataan yang ada.

>Yang membuat beda level adalah faktor intelektualitas atas dasar wawasan, kepahaman dan kedewasaan mental maupun spiritualnya

> Keduanya merupakan sikap terbaik yg harus dimiliki bila ditempatkan dalam porsi yang tepat dan benar
Dari ulasan saya di atas, 


Tega, konotasinya lebih negatif, erat hubungannya dengan pengambilan keputusan tanpa pertimbangan perasaan. sedang tegas sendiri mempunyai konotasi yang positif, di mana seseorang mengambil langkah berani dan tidak plinplan.

....aku tidak tega untuk menghukummu, tapi karena kamu telah melakukan kesalahan, aku mesti menghukummu.. sebuah ketegasan.

sikap mana yang lebih baik? jelas ketegasan.ya Tegas pastinya.

Untuk mendidik anak memang harus TEGA dan harus TEGAS. Kalau salah ya salah, kalau benar ya benar. Jangan berubah-ubah nanti anaknya bingung. 

Momen tega terjadi ketika, suatu keputusan sudah ditetapkan/ disepakati berdasarkan hasil musyawarah di forum organisasi, maka kita harus tega dengan satu pihak yang merasa dirugikan atau tidak setuju dengan keputusan tersebut.

(To be continued)