Proses Tidur Santri #CeritaPengabdian

Sama seperti kita yang kadang tidur masih terdistract dengan liat hp, sekrol timeline facebook, liat feed Instagram, cek status kontak WA, lalu balas chat yang bertumpuk. Santri yang tidak pegang hp di asrama juga punya proses panjang menuju tidurnya.
Fase menuju tidurnya santri itu bertahap, dari duduk depan asrama, duduk di lorong dekat pintu, sambil nyemil, kadang sambil buka sesi curcol kecil-kecil. Lalu masuk bergeser membentuk halaqoh dalam kamar, bercerita, kadang ada yang sambil belajar tapi tidak bisa konsentrasi, ditegur, bubar halaqoh, bentang kasur, wirid bersama, masih duduk lanjut ceritanya lagi, taruh kepala, bercanda lagi, lalu nahan tertawa sampai capek, lalu tidur. Subhanallaaah..

Dan dalam tahap2 itu, ada musyrif/musyrifah yang harus pandai-pandai mengatur, menegur, mengontrol, menjaga sampai mereka betul-betul tidak bangun bercerita lalu santri tertidur, dsbg.
MaasyaaAllaah..
Juli 2021~Santriwati kamar Maryam sedang wirid bersama sebelum tidur
19 Juli 2021 - Santriwati kamar Maryam sedang wirid sebelum tidur 
Dalam gambar ini, setelah proses panggil-panggil mendekati jam tidur yaitu 21.30, santri bercumuk gosgi, lalu melakukan wirid berjama'ah dengan teman 1 kamar.

*Batakte, November 2021
Ponpes Hidayatullah Kupang 
Ummu I.S

đź“ŚMondok yuk!